Sabtu, 14 Desember 2019

Mengatur Keuangan Secara Jenius Bersama Jenius BTPN

"Kath, kamu itu pekerjaan sampingannya jadi ambassador Jenius BTPN ya?"



Pertanyaan gurauan itu seringkali terlontar dari teman-teman setiap kali secara gak sadar aku dengan semangatnya udah bercerita terlalu banyak tentang berbagai keuntungan yang aku dapat dari Jenius BTPN.

Pertama kali bergabung menjadi Teman Jenius waktu itu sekitar bulan Februari 2018. Awalnya gak sengaja liat booth Jenius BTPN di lobby kampus dan jadi ngobrol-ngobrol sama representatif Jenius untuk dapet info lebih banyak tentang Jenius. Representatif Jenius ramah banget. Penjelasan yang diberikan juga sangat lengkap dan jelas. Waktu itu yang paling bikin aku tertarik adalah adanya fitur bebas biaya admin untuk transfer antar bank ke bank manapun sebanyak 25 kali melalui aplikasi Jenius dan 25 kali tarik tunai di jaringan ATM Bersama/Prima di seluruh Indonesia. Yang bikin lebih menarik, biaya admin rekening Jenius setiap bulannya Rp 0 alias GRATIS! Melimpahnya fitur cashback dan promo yang didapat kalau kita melakukan transaksi pakai kartu debit Jenius juga menggiurkan banget.


Tanpa pikir panjang, akhirnya aku bikin rekening Jenius. Seneng banget waktu itu dapet bonus Starbucks Card dengan saldo IDR 50k! Selain itu proses pencetakan kartu nya juga cepet banget, hanya beberapa menit, dan personalized karena namaku langsung tercetak di kartu! Oh iya, ada tiga jenis kartu debit Jenius : m-card, e-card, dan x-card. M-card itu kartu debit utama, e-card itu kartu debit virtual, dan x-card adalah kartu debit tambahan.

Tipe-tipe Kartu Debit Jenius

Balik ke cerita awal, karena aku buat rekening Jenius di hari Senin, biaya transfer untuk isi saldo rekening Jeniusku di hari itu diganti loh sama Jenius soalnya setiap hari Senin kalau kita transfer uang ke Jenius minimal 500 ribu rupiah, biaya admin nya akan di transfer balik ke rekening Jenius kita! Fitur ini seringkali aku manfaatkan tiap abis gajian. Jadi kalo gajian hari Jumat, tunggu tiga hari, pas hari Senin nya langsung deh ku transfer ke rekening Jenius.

Setelah bikin rekening, aku langsung ngecek fitur-fitur Jenius yang udah dijelasin sama representatif Jenius tadi. Ternyata selain saldo aktif dengan bunga 1% p.a. (sekarang 0.5% p.a.), Jenius juga punya tiga jenis tabungan di tab "Save It", yaitu Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Apa aja sih bedanya?

Save It

Di Flexi Saver, tabungan kita berbunga setara deposito (5% p.a.), bisa disetor dan ditarik sesuka kita dan bunganya dihitung per hari! Makannya aku taruh sebagian saldo ku di Flexi Saver biar makin cepat bertambah dan jadi makin untung. Ketika tabunganku udah cukup, aku pindahin tabunganku ke Maxi Saver yang margin bunga nya lebih gede. Sempet ngerasain bunga 6%, 6.25%, 6.5%, dan bahkan 6.75% (sekarang range nya 5.75%-6.25%). Terhitung gede banget untuk deposito berjangka. Tempo penguncian dana nya pun terbilang singkat dan variatif, mulai dari 1-12 bulan. Untuk fitur Dream Saver, aku belom pernah nyoba secara langsung karena aku maksimalin di fitur Flexi Saver dan Maxi Saver. Tapi menurut aku, Dream Saver ini akan berguna banget untuk kamu yang pingin menabung secara konstan buat mencapai mimpi kamu karena bunga nya pun cukup besar, yaitu 5% p.a. dan kalau mendadak ada kebutuhan yang lebih penting kamu bisa pause dulu Dream Saver kamu tanpa kena pinalti.

Every Yay

Cashback dan promo yang diberikan sama Jenius melalui every yay setiap bulannya juga jenius parah. Buat aku yang sehari-hari  selalu pakai transportasi online, menautkan kartu debit Jenius ke salah satu platform transportasi online sangat nguntungin karena dengan minimal akumulasi transaksi 500 ribu dalam sebulan, aku bisa dapat cashback 30 ribu. (Pst, dulu minimal penggunaan 400 ribu bisa dapet cashback 100 ribu). Nonton bareng temen, sahabat, atau gebetan di akhir pekan juga jadi lebih murah kalau bayar pake kartu Debit Jenius. Lumayan buat beli tambahan popcorn sama minum. Gak hanya itu, aku juga pakai kartu debit Jenius untuk pembayaran saat isi bensin mobil orang tuaku karena lagi-lagi dapet cashback. Dulu cuma dapet Cashback kalau isi bensin setiap hari Selasa, sekarang jadi setiap hari! Makin happy!

Waktu itu juga sempet jadi tukang pulsa dadakan diantara temen-temen karena kalau setiap bulan isi pulsa 500 ribu melalui aplikasi Jenius, aku bisa dapat cashback 50 ribu. Terus karena aku anaknya sangat cashless, aku sering banget mengisi berbagai macam dompet digital (e-wallet) yang aku punya seperti Ovo, DANA, Gopay, Linkaja, dan lain lain. Biasanya kalau isi lewat bank lain aku akan kena biaya admin, tapi karena aku ngisi dari aplikasi Jenius lewat e-wallet center, jadi bebas biaya admin deh.

Kemudahan lain yang membuat hidupku jadi makin simple yaitu adanya fitur Cashtag dan Jenius Keyboard. Karena ada Cashtag, waktu transfer uang ke rekening Jenius temenku, jadi gak perlu ngafalin nomor rekening yang panjang banget, cukup masukin Cashtag nya aja. Dan Cashtag ini bisa di personalized, jadi aku samain dengan username media sosial aku biar gampang diinget. Kalau Jenius Keyboard, pas mau transfer uang ke temen, aku gak perlu buka aplikasi Jenius dulu, melainkan bisa dibuka dari keyboard dengan meng klik logo Jenius di sisi kiri atas. Jadi sambil chattingan pun bisa transfer uang!

Udah itu aja keuntungannya? Tentu tidak. Belum lama ini, Jenius juga merilis fitur jual beli valuta asing di aplikasi Jenius. Kita bisa jual beli berbagai macam mata uang asing seperti JPY, USD, SGD, dan GBP dengan kurs beli dan kurs jual yang menurutku jenius banget. Tinggal klik di aplikasi, gak perlu ke bank atau money changer, aku punya saldo mata uang asing di tabunganku! Udah beberapa kali melakukan investasi jual beli mata uang asing dan merasa terbantu banget dengan fitur ini. Gak hanya untuk jual beli, kita juga bisa loh bertransaksi langsung dengan mata uang asing ini dengan menyambungkan saldo mata uang asing kita ke m-card. 

Kalau kamu lagi kepepet butuh uang sementara udah tanggal tua gimana? Tenang, ada Flexi Cash. Aku udah dua kali nyobain fitur Flexi Cash dan mudah banget! Dalam hitungan menit, dana udah cair ke saldo aktif ku. Bunga peminjaman di kisaran 2%/bulan. Kamu juga bisa melunasi pinjaman lebih awal dari tenor yang kamu ajukan sebelumnya loh setelah pembayaran cicilan pertama. 

Dengan segala kemudahan diatas mungkin beberapa dari kalian ada yang bertanya-tanya: “Jenius aman gak sih?”. Aman banget dong. Untuk login ke aplikasi Jenius aja kita bisa mengaktifkan fitur fingerprint, jadi gak sembarang orang bisa mengakses aplikasi Jenius kita. Saat mau melakukan transaksi pun, kita perlu memasukkan PIN dan Password (otentikasi dua tingkat). Kalau kartu kamu hilang, kamu juga bisa langsung blokir kartu kamu melalui aplikasi Jenius.

Keamanan

Sejak menjadi Teman Jenius, rasanya kehidupan finansial ku jadi lebih mudah, cepat, dan aman. Kirim uang, isi pulsa, menabung, beli mata uang asing, hingga membuat deposito
berjangka bisa aku lakukan cuma dari smartphone. 

Buat kamu yang mulai tertarik dan ingin kepoin Jenius, kamu bisa cek di http://www.jenius.com untuk mendapat info lebih lanjut tentang berbagai keuntungan dan penawaran-penawaran menarik yang diberikan Jenius. Selain itu buat kamu yang ingin stay updated sama acara-acara seperti workshop, talkshow, dan kompetisi yang dibuat sama Jenius atau cuma ingin sekedar berpartisipasi dalam forum diskusi virtual dimana kamu bisa nemu banyak teman baru dan memperluas wawasan, kamu bisa ngunjungin http://www.cocreate.id

Yuk tunggu apalagi, segera registrasi dan buka rekening Jenius ya untuk menikmati berbagai keuntungan dan kemudahan finansial! Simpler life, happier you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar